Wisuda ke-dua STID Al-Hadid Surabaya

E-mail Print PDF

STID Al Hadid adalah salah satu perguruan tinggi yang memiliki visi terwujudnya Sekolah Tinggi Agama Islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme dalam berbagai aspek mulai dari penerimaan mahasiswa, dosen, materi pembelajaran, sistem pembelajaran, dan memiliki daya saing untuk terus maju dan berkembang. Diharapkan, di masa yang akan datang, STID Al Hadid menjadi simbol pencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Syukur Alhamdulillah, setelah melalui perjuangan yang panjang dalam mendidik mahasiswanya, pada tahun ke-6 nya, STID Al-Hadid berhasil meluluskan 220 mahasiswa angkatan II yang telah siap mengabdikan dirinya di masyarakat. Oleh karena itu, pada tahun 2016, segenap pengurus STID Al Hadid mengadakan acara wisuda yang membawa pesan “menjadikan sarjana berkarakter mata air pegunungan” berisi harapan agar lulusan STID Al Hadid mampu memberikan kesejukan, berkah, dan kemanfaatan bagi sekitarnya, ibarat mata air pegunungan, yang mampu memberikan kehidupan bagi lingkungan di sekelilingnya.
Acara wisuda diselenggarakan pada 21 Februari 2016 di Convention Hall Grand City Mall & Convex, Jalan Kusuma Bangsa, Surabaya. Peserta wisuda maupun keluarga terlihat cukup antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Terlihat dari keramaian antrian sejak satu jam sebelumnya. Suasana keIndonesiaan cukup kental menghiasi acara wisuda, ditunjukkan oleh keluarga wisudawan dan panitia yang menggunakan dresscode batik.

wisudastid_1 wisudastid_2
 wisudastid_3

Para orang tua wisudawan antri sebelum memasuki ruangan sidang


Diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan doa, suasana khusyuk seketika menghiasi seluruh penjuru gedung, dengan harapan acara bisa berjalan lancar tanpa hambatan, serta memberikan bekasan kepada seluruh peserta sidang senat.

wisudastid_4

Pembacaan ayat suci Al Quran, oleh mahasiswa STID Al Hadid

wisudastid_5

Pembacaan doa oleh staff pengajar STID Al Hadid

Tim paduan suara STID Al Hadid juga unjuk kebolehan, mengiringi para wisudawan memasuki ruang sidang.

wisudastid_6

Tim paduan suara STID Al Hadid menyemarakkan kegiatan Wisuda ke dua

wisudastid_7

Para wisudawan bersiap mengikuti sidang wisuda

Tidak lama kemudian, seluruh peserta diminta berdiri, untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah acara dibuka, dilanjutkan oleh pembacaan SK wisuda. Ada beberapa sambutan, yang pertama disampaikan oleh Bapak Nuril Huda, M. Pd. sebagai Sekretaris Kopertais wilayah IV. Beliau menyampaikan rasa kagumnya terhadap kerja keras seluruh pihak yang turut membangun STID Al Hadid sejak mendaftarkan diri sebagai sekolah tinggi pada 2009 hingga sekarang. Sempat ragu, melihat kondisi STID saat itu yang belum memadai, tetapi keraguan itu mampu dijawab dengan karya, komitmen, dan kerja keras. Bahkan 2 tahun berturut-turut membawa pulang Kopertais Award.

wisudastid_8

Sambutan oleh Bapak Nuril Huda, M. Pd.


Selanjutnya giliran Ibu Hj. Asiyanti Oetojo, M. Sc. Yang memberikan wejangan kepada seluruh tamu undangan. Isak tangis mengiringi kata-kata beliau, karena begitu megahnya acara wisuda yang diselenggarakan hari itu. Hal ini beliau ungkapkan karena masih terkejut, sekolah yang dahulu beliau hadiri untuk mengisi kuliah, dengan gedung sewaan dan bangku yang kurang layak, mampu bertransformasi menjadi sekolah dengan fasilitas yang sangat memadai. Besar harapan beliau untuk melihat STID Al Hadid menjadi perguruan tinggi internasional suatu saat nanti.

wisudastid_9

Sambutan oleh Ibu Hj. Asiyanti Oetojo, M. Sc.

Tepuk tangan meriah mengakhiri serangkaian sambutan, dan dilanjutkan denga prosesi wisuda. Satu persatu nama wisudawan dipanggil, untuk dikukuhkan sebagai sarjana. Raut wajah bahagia menghiasi rupa wisudawan saat itu. Begitu juga dengan keluarga wisudawan, yang begitu antusias, beberapa mengabadikan momen ketika nama anggota keluarganya dipanggil. Setelah prosesi selesai, dibacakan janji wisudawan, sebuah komitmen yang harus dijaga oleh para wisudawan STID Al Hadid setelah melalui fase pendidikan. Tidak lupa penghargaan kepada wisudawan berprestasi, sebagai bentuk apresiasi dari karya yang sudah diukir susah payah oleh para wisudawan semasa kuliah. Apresiasi tersebut diwujudkan dalam bentuk reward sebesar Rp. 2.000.000 untuk wisudawan terbaik ke tiga, Rp. 3.000.000 untuk wisudawan terbaik ke dua, dan Rp. 5.000.000 untuk mahasiswa terbaik pertama.

 

wisudastid_10

Pengukuhan wisudawan oleh senat STID Al Hadid Surabaya

 

wisudastid_11

Penghargaan lulusan terbaik STID Al Hadid Surabaya angkatan ke 2


Alkahfinita juga ikut memberikan persembahan bagi para wisudawan dan keluarga. Membawakan 2 lagu baru untuk mengiringi wisudawan menempuh tantangan selepas kuliah, serta sebuah penghargaan terhadap jasa para pendidik. 2 lagu tersebut berjudul Mata Air Pegunungan, dan Guruku. Disuarakan dengan syahdu menjelang akhir acara.

wisudastid_12
wisudastid_13

Hiburan di kegiatan Wisuda angkatan ke 2 oleh Alkahfinita


Setelah serangkaian acara selesai, para wisudawan dan keluarga memasuki photo booth untuk mengabadikan momen penting tersebut. Selagi menunggu, para wisudawan lainnya juga berfoto dengan rekan-rekan sesama wisudawan maupun kawan dari asal daerah masing-masing.
 

wisudastid_14 wisudastid_15

Wisudawan yang berfoto bersama keluarga dan rekan-rekan

Hanya rasa syukur yang mampu menggambarkan perasaan jajaran panitia wisuda serta pihak civitas. Sebuah perayaan besar mampu terselenggara dengan lancar tanpa kekurangan berarti. Rasa lelah, jenuh, dan berbagai dinamikan dalam proses persiapan, mampu dibayar tuntas dengan meriahnya acara yang terselenggara. Berbagai pihak juga menyatakan rasa puasnya terhadap penyelenggaraan acara wisuda. 
 

wisudastid_11

Jajaran pengurus berfoto bersama di acara Wisuda ke dua

Add comment


Security code


Refresh

SK. DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NO. DJ.I/693/2009
Jl. Kejawan Putih Tambak no 80 Surabaya, 60112
Telepon 031-5968709 Fax. 031- 5968709